Paska Kebakaran, Ponpes Lirboyo Terima Bantuan Rp 700 Juta Dari Kemenag

Kridaning Jatmiko
Kemenag salurkan bantuan ke Ponpes Lirboyo. Foto : iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Paska insiden kebakaran salah satu gedung di kawasan Pondok Pesatren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Kementerian Agama RI, Selasa (6/8/2024) menyalurkan bantuan renovasi senilai Rp 650 Juta, dan Kanwil Kemenag Jawa Timur senilai Rp 50 juta. Bantuan renovasi tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur.

Kasubdit PDMA Kemenag RI Mahrus El Mawa mengatakan, bantuan untuk Pesantren Lirboyo ini merupakan bentuk kepedulian Kementerian Agama terhadap pondok pesantren sehingga bisa mempercepat proses recovery setelah terjadi kebakaran dan kegiatan belajar mengajar bisa terus berjalan sebagaimana biasanya dan korban terdampak bisa segera pulih.

“Bantuan ini merupakan arahan langsung dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Karena kehadiran pemerintah untuk membantu pesantren itu wajib terlebih ketika mengalami musibah, pasalnya pesantren sudah menhidupkan negara ini,” jelas Mahrus El Mawa.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Jatim Akhmad Sruji Bahtiar mengatakan, pihaknya ikut berduka dan prihatin atas peristiwa yang terjadi Pondok Pesantren Lirboyo. Beruntung peristiwa kebakaran itu sendiri tidak sampai memakan korban jiwa. Pihaknya berharap, bantuan tersebut bisa bermanfaat meskipun nilainya tidak mungkin bisa mencukupi dalam penataan kembali fasilitas para santri. 

"Berangkat dari keprihatinan tersebut dan juga tanggung jawab untuk bersama-sama memberikan layanan yang terbaik bagi para santri, Kemenag RI menyampaikan bantuan pada Ponpes Lirboyo. Mudah-mudahan sumbangan kecil ini bisa sebagai kail dan pancingan hal positif lain untuk datang. Biasanya bangunan kalau sudah dimulai, insyallah akan terus mengalir. Ada saja rejekinya" tutur Kepala Kanwil Kemenag Jatim Akhmad Sruji Bahtiar.

Akhmad Sruji Bahtiar menambahkan, Lirboyo adalah salah satu pesantren tua dengan usia lebih dari 1 abad dan terbesar di Indonesia yang banyak mencetak puluhan ribu generasi penerus bangsa berkualitas yang telah berkiprah dibeberapa sektor.

“Semoga ini bisa membantu untuk merenovasi kembali atau membangun kembali bangunan yang terbakar. Ini semata-mata karena kita ingin memberikan layanan terbaik kepada para santri yang sedang menuntut ilmu, dan semoga bantuan ini jadi stimulan " tambahnya.

Pihak Ponpes Lirboyo pun menyambut bantuan yang diberikan oleh Kemenag RI dan Kemenag Jatim. Disampaikan M Yasin Mustofa, pihaknya memberikan apresiasi kepedulian dari Kemenag tersebut dan mengucapkan terima kasih atas kepeduliannya pada Ponpes Lirboyo.

“Alhamdulillah insiden kemarin tidak ada korban dan sudah langsung teratasi dengan cepat dari regu pemadam dan para santri. Semoga musibah serupa tidak terjadi lagi ke depannya,” tuturnya.

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network