Persiapan Pilkada 2024, KPU Kota Kediri Gelar Sosialisasi Tahapan

Kridaning Jatmiko
KPU Kota Kediri gelar sosialisasi tahapan Pilkada. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur menggelar sosialisasi tahapan Pilkada 2024 dan Seleksi Terbuka Rekrutmen Badan Adhoc Pilkada 2024 di salah satu Hotel di Kota Kediri, Selasa (30/4/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Parmas Moch Wahyudi mengatakan, pihaknya dalam Pilkada Kota Kediri nanti memprediksi bisa diikuti oleh 8 pasangan calon kepala daerah, yakni 3 Paslon dari Jalur perseorangan dan setidaknya 5 Paslon dari Jalur Parpol.

“Untuk Paslon dari Jalur Parpol harus diusung 20 persen kursi legislatif yang ada atau 6 kursi,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi mengatakan,  untuk calon walikota - wakil walikota Kediri dari jalur independen atau perseorangan harus mengumpulkan lebih dari 23 ribu lebih Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Jadi untuk calon perseorangan atau independen, sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016,  harus 10 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) terakhir. DPT Kota Kediri sekitar 233.962 jiwa," Kata Pusporini Endah Palupi.

Sebagai informasi, dalam tahapan Pilkada ini Badan Adhoc harus terbentuk dengan diawali pendaftaran PPK pada tanggal 23 hingga 29 April 2024 dan pendaftaran tanggal PPS 2 hingga 8 Mei 2024 hingga pelantikan pada tanggal 16 Mei untuk PPK dan tanggal 26 Mei untuk PPS. Untuk PPK nanti dibutuhkan sekitar 15 orang dan PPS sekitar 138 orang.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, selain dihadiri Komisioner KPU Kota Kediri, juga dihadiri sejumlah OPD Kota Kediri, Kepala Kelurahan di Kota Kediri, serta organisasi kemasyarakatan.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network