Kebakaran Pabrik Gula Tradisional

Kridaning Jatmiko
Kobaran api di pabrik gula tradisonal. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI,iNewsKediri.id - Pabrik penggilingan tebu yang memproduksi gula merah di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, ludes dilalap api. Belum diketahui secara pasti penyebab awal kebakaran, diduga kebakaran terjadi akibat puntung rokok.

Kebakaran hebat ini terjadi di sebuah pabrik penggilingan tebu milik Karyanto di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Menumpuknya material yang mudah terbakar seperti sepah tebu di dalam pabrik serta kencangnya tiupan angin membuat api dengan cepat membesar membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api, dua unit mobil PMK pun diterjunkan untuk  memadamkan api.

Riko Setiawan, Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kediri mengatakan, tidak ada yang mengetahui secara pasti perihal penyebab  kejadian ini, namun kuat dugaan awal api berasal dari puntung rokok, untuk upaya pemadaman tersebut pihaknya mengerahkan 10 petugas dan 2 unit mobil PMK untuk memadamkan api.

“Kami menerjunkam 2 unit mobil Damkar, dengan petugas sebanyak 10 orang, kendalanya karena material mudah terbakar, dan sulitnya mencari sumber air. Api berhasil dipadamkan setelah 3 jam,” jelas Riko

Beruntung kobaran api tidak merembet ke permukiman warga meskipun lokasinya berdekatan dengan permukiman warga. Api baru bisa dipadamkan sekitar 3 jam oleh petugas PMK. Sementara polisi masih terus melakukan penyelidikan tentang penyebab kebakaran ini. Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian ini, pemilik mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network