get app
inews
Aa Read Next : Mark Marquez Terjatuh, Pol Espagaro Minta Evaluasi di Honda

Hingga Kini Penyebab Marc Marquez Kecelakaan di MotoGP Mandalika Belum Terungkap

Jum'at, 08 April 2022 | 19:46 WIB
header img
Penyebab Marc Marquez kecelakaan di sirkuit mandalika belum terungkap.(Sumber/MotoGP.com)

SPANYOL, iNewsKediri - Usai mengalami kecelakaan pada ajang MotoGP Mandalika, kondisi kesehatan pembalap Marc Marquez belum stabil. Bahkan, sampai dengan saat ini juga belum diketahui penyebab pasti dari kecelakaan tersebut.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Kepala Tim Teknisi Marc Marquez, Santi Hernandez. Ia menjelaskan, saat berada di Indonesia tepatnya ketika di sirkuit mandalika mulai tanggal 18-20 Maret 2022 menjadi pekan terburuk bagi Marc Marquez, karena ia terjatuh sebanyak empat kali selama sesi latihan bebas hingga pemanasan.

Marc Marquez yang lebih dikenal dengan julukan The Baby Alien ini mengalami kecelakaan terparah  saat sesi pemanasan ketika juara MotoGP enam kali itu terpental dari motornya di Tikungan 13.

Bahkan, insiden itu membuatnya gagal balapan setelah didiagnosa mengalami gegar otak ringan. Hal itu ternyata juga menyebabkan diplopianya kambuh lagi.

Setelah kecelakaan itu terjadi, banyak yang mengira ban dari Michellin yang dipakai motor Marc Marquez di Mandalika menjadi penyebabnya. Sebab, rekan setim Marc Marquez, Pol Espargaro, mengeluh soal ban tersebut karena merasa ban belakang kuda besinya terasa kurang menggigit.

Akan tetapi, Santi Hernandez menyatakan sampai saat ini tim Repsol Honda juga belum mengetahui pasti penyebab dari insiden mengerikan itu. Pasalnya, ia tak menemukan sesuatu yang aneh dari sisi teknis setelah melakukan analisis lebih lanjut.

“Ada banyak hal yang telah kami lihat di motornya setelah kecelakaan. Namun, tidak ada sesuatu yang tidak biasa dari segi teknis. Sebab, kami membuat perhitungan tentang hal-hal yang terjadi dan yang penting adalah memahami apa yang terjadi di dalam tim.,” kata Hernandez dilansir dari Tuttomotoriweb, Selasa (5/4/2022).

”Ketika Marc kembali, kami akan menjelaskannya kepadanya dan berbicara dengannya tentang hal itu. Ia akan memberi kami beberapa penjelasan karena dialah yang mengendarai motornya,” imbuhnya.

Absennya The Baby Alien membuat tim pabrikan asal Jepang itu menunjuk Stefan Bradl sebagai pengganti sementaranya mulai dari MotoGP Argentina 2022 pekan lalu. Hasilnya tak terlalu apik karena Bradl hanya bisa finis di tempat ke-19.

Sementara itu, Pol Espargaro juga tak mampu menjadi sosok pengganti yang sepadan sebagai tandem Marc Marquez. Dia justru gagal finis di Autodromo Termas de Rio Hondo, yang semakin membuktikan bahwa Honda sangat bergantung pada sang pembalap bernomor 93 itu.

Tak hanya di Argentina, Marc Marquez juga berpotensi absen di MotoGP Amerika Serikat 2022 yang berlangsung akhir pekan ini. Jadi, akankah Repsol Honda kembali terpuruk di MotoGP Amerika Serikat?

Editor : Moch Robby

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut