get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Relawan dan Pecinta Lingkungan Lakukan Bersih-Bersih Bantaran Sungai Juga Tebar Benih Ikan

KPU Kota Kediri Mulai Lakukan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara

Kamis, 04 Januari 2024 | 11:23 WIB
header img
Penyandang disabilitas melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI,iNewsKediri.id - Pemilu kurang 40 hari, KPU Kota Kediri mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Dalam kegiatan yang berlangsung di gudang logistik KPU Kota Kediri Jalan Teuku Umar Kota Kediri ini sedikitnya 100 orang dilibatkan, 10 orang diantaranya penyandang disabilitas.

Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Indah Palupi mengatakan, dalam proses penyortiran dan pelipatan itu untuk sementara belu ditemukan surat suara yang rusak atau tidak layak. untuk jumlah surat suara yang dilakukan penyortiran dan pelipatan sebanyak 283.972 surat suara DPD.

“Jumlah yang disortir dan dilipat sebanyak 283.972 surat suara DPD, dan hingga saat ini belum ditemukan surat suara yang rusak,” jelas Pusporini, Kamis (4 Januari 2024).

Pusporini menambahkan, kendati tidak ada surat suara yang rusak, namun ditemukan surat suara yang terdapat noda, tetapi berada di luar gambar sehingga dinyatakan masih sah.

“Tadi ditemukan surat suara yang bernoda, namun diluar kolom milik calon sehingga masih dinyatakan layak dan sah, sementara kriteria rusak jika terdapat noda atau coblosan di kolom milik calon,” imbuhnya.

Dalam penyortiran dan pelipatan surat suara itu, petugas pelipatan juga harus membuka surat suara yang sudah dilipat penyedia untuk dilakukan pengecekan. Jika surat suara tidak mengalami kerusakan, maka surat suara dilipat kembali.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut