get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Relawan dan Pecinta Lingkungan Lakukan Bersih-Bersih Bantaran Sungai Juga Tebar Benih Ikan

Puluhan Alat Peraga kampanye Caleg Diduga Dirusak OTK, DPD PAN Kota Kediri Lapor Bawaslu

Selasa, 05 Desember 2023 | 22:11 WIB
header img
Salah satu APK yang rusak. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI,iNewsKediri.id - Masih hari kedelapan masa kampanye, suhu politik di Kota Kediri, Jawa Timur mulai memanas. Puluhan baliho dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang terpampang di jalanan diduga dirusak orang tak dikenal. Atas peristiwa tersebut, pengurus partai lapor Bawaslu, Selasa (5/12/2023). Mereka datang membawa bukti rekaman CCTV, serta foto-foto alat peraga yang diduga dirusak.

Puluhan alat peraga kampanye calon legislatif ini ditemukan warga dalam kondisi sobek di sejumlah wilayah di Kecamatan Kota dan Kecamatan Pesantren.

Wakil Ketua DPD PAN Kota Kediri, Anton Purba mengatakan total ada 27 APK yang ditemukan dalam kondisi rusak. Masing-masing menampilkan wajah Dinayana Kristian, Eriyanto Djaya Saputra, Yogik Setyo Nugroho, Nur Kholik, Arif Setyawan dan mantan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang kini maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil 8.

“Kita berhak untuk melaporkan atas temuan sejumlah baliho yang rusak tersebut, untuk jumlah baliho yang rusak sebanyak 24, tersebar di wilayh Kecamatan Pesantren dan Kota Kediri,” jeas Anton.

Anton menambahkan, bentuk kerusakan terlihat jelas disengaja. Ini diperkuat dengan rekaman CCTV yang hari ini dibawanya dalam pelaporan. Dalam rekaman itu terlihat pengendara motor berboncengan berhenti di depan APK kemudian merobek APK dengan alat. Anton juga akan melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian. Dia berharap polisi bisa menemukan pelaku yang diduga telah merencanakan aksi ini.

“Kita juga akan melaporkan ini ke polisi karena ini ada kerugian yang terjadi,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengaku menyerahkan seluruh penanganan peristiwa ini ke Bawaslu dan Kepolisian tanpa menaruh curiga ke pihak tertentu. Anton berharap Pemilu 2024 ini berlangsung damai. Tidak ada kebencian terlebih merusak APK.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudia Agung Nugroho membenarkan atas laporan tersebut, saat ini pihaknya telah menerima laporan tersebut dan segera memprosesnya.

“Memang benar kami telah menerima laporan tersebut, nantinya akan dilakukan kajian awal dan diteruskan ke sentra Gakumdu,” jelas Yudia Agung.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut