get app
inews
Aa Read Next : “Pedihnya” Harga Bawang Merah di Kota Kediri

Cara Bersihkan Casing HP dengan Mudah, Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

Senin, 31 Juli 2023 | 08:26 WIB
header img
Cara bersihkan casing hp

KEDIRI, iNewsKediri - Viralnya casing handphone Raffi Ahmad yang tidak pernah diganti padahal sudah rusak? Nah, casing handphone memang menjadi salah satu bagian dari ponsel yang juga harus diperhatikan.

 

Sebagaimana fungsinya yang harus diperhatikan, kebersihan casing handphone pun harus tetap diperhatikan. Apalagi, handphone adalah benda yang paling sering kita sentuh tentu saja kebersihannya harus dijaga.

 

Oleh karena itu, tidak heran, jika ponsel sering terkena minyak, air, dan maupun debu yang bisa membuatnya berjamur. Faktanya berdasarkan penelitian, layar ponsel ternyata lebih kotor dari toilet yang ada di rumah.

 

Hal lain yang dapat menyebabkan jamur dan bakteri tumbuh karena sering disimpan dalam tempat yang lembap. Jika dibiarkan, jamur akan tumbuh dan berpotensi merusak hardware ponsel. Maka dari itu, penting untuk membersihkan ponsel secara berkala agar jamur tidak tumbuh lebih banyak.

 

Ada beberapa metode yang paling banyak digunakan untuk membersihkan ponsel dari jamur dan bakteri. Berikut ini informasinya dirangkum dari beberapa sumber.

 

  • Gunakan hand sanitizer atau alkohol

 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa alkohol atau hand sanitizer sangat ampuh membunuh kuman dan bakteri, termasuk juga pada ponsel. Cara penggunaannya cukup sederhana. Semprotkan cairan ke bagian casing ponsel serta bagian body hingga layarnya. Usap secara perlahan menggunakan tisu. Hati-hati saat menggunakan cairan alkohol agar tidak masuk ke bagian speaker atau port USB

 

  • Gunakan minyak kayu putih

 

Minyak kayu putih sudah sering digunakan sebagai bahan pembersih noda yang menempel pada suatu barang, tak terkecuali ponsel. Minyak kayu putih bisa membersihkan noda dan jamur yang ada di bagian belakang HP sehingga membuatnya kembali bersih. Caranya pun sangat mudah. Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke kapas atau tisu. Setelah itu gosok secara perlahan pada bagian permukaannya.

 

  • Gunakan sabun cuci piring

 

Cara ini mungkin terdengar cukup unik. Sabun yang biasanya digunakan untuk membersihkan piring kotor ternyata cukup ampuh menghilangkan jamur pada ponsel. Caranya, campurkan air serta sabun cuci piring secukupnya pada sebuah wadah. Kemudian celupkan kain yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel ke dalam campuran tersebut.

 

Selanjutnya peras kainnya hingga terasa lembap. Kemudian gosokkan pada bagian ponsel yang ingin dibersihkan. Jika telah selesai bilas menggunakan kain basah tanpa sabun dan keringkan.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut