get app
inews
Aa Read Next : Angka Kriminalitas di Kota Kediri Tahun 2023 Meningkat Dibanding 2022, Namun Berhasil Diungkap

Akibat Korsleting Listrik, Kios Pasar di Kediri Ludes Terbakar

Selasa, 30 Mei 2023 | 08:23 WIB
header img
Petugas Damkar berupaya memadamkan api. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

Kediri, iNewsKediri.id - Tiga kios dan sejumlah lapak di Pasar Gringging Kabupaten Kediri, Jawa Timur Selasa (30/5/2023) dini hari ludes dilalap api. Diduga kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik, sementara kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar.


Kebakaran ini bermula dari adanya hubungan pendek arus listris dari salah satu kios milik Sutrisno yang menjual pakaian, sehingga menyebabkan api cepat membesar dan meluas ke kios di sampingnya. Sejumlah warga panik saat api cepat membesar dan membakar kios yang berisi pakaian. Tidak hanya kios pakaian, besarnya api juga merembet beberapa lapak milik para pedagang lain.


Agung Nugroho, Kasatpol Pp Kabupaten Kediri mengatakan, kebakaran kali pertama diketahui oleh Darminto, salah satu pedagang sayur di pasar Gringging. Darminto mengetahui adanya bunga api dari kabel di kios pakaian milik Sutrisno.


"Yang menyampaikan pertama Pak Darminto, pada pukul 02.00 mengetahui adanya bunga api di kabel kos milik Sutrisno," kata Agung


Agung menambahkan, sebelumnya warga berusaha memadamkan dengan alat seadanya, namun karena api cepat membesar dan terus merembet, selanjutnya dilaporkan ke Damkar Kabupaten Kediri.


Petugas pemadam kebakaran yang datang, berusaha memadamkan api dan dibantu oleh warga sekitar. Bahkan karena pintu masih tertutup, petugas harus merusak pintu etalase kios. Api berhasil dipadamkam petugas selama dua jam setelah empat unit mobil damkar diterjunkan. pihaknya mengerahkan  mobil 4 unit mobil PMK untuk memadamkan api. akibat kebakaran ini, para pedagang mengalami kerugian hingga Rp 1 miliar.


"Terdapat 4 unit Damkar dari tiga pos yang dikerahkan untuk memadamkan api tersebut, serta tambahan 1 unit Damkar dari Kota Kediri, untuk kerugiannya ditaksir sekitar Rp 1 miliar," imbuh Agung.


Usai api padam beberapa pedagang nekat masuk ke dalam kios dan berusaha mencari dan mengkorek-korek barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Atas peristiwa kebakaran ini untuk penyebab pasti kebakaran, masih dalam proses penyelidikan.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut