get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Posisi Kedua TBC. Dinkes dan SSR YABHYSA : Masyarakat Ayo Bergerak Lakukan Pencegahan

Pemerintah Percepat Pergantian Motor BBM dengan Motor Listrik

Rabu, 02 November 2022 | 15:37 WIB
header img
Empat penyedia layanan ganti baterai motor listrik di Indonesia, nomor satu terbanyak. (Foto: Istimewa)

KEDIRI, iNewsKediri - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempercepat peralihan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaran listrik. Akselerasi tersebut dilakukan dengan penambahan bengkel konversi kendaraan listrik.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengungkapkan, akan ada penambahan bengkel konversi kendaraan listrik di Indonesia sebanyak 150 bengkel.

"Sekarang ada 10, nanti akan ada penambahan 150 (bengkel konversi). Bali sudah ada tiga," katanya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Selain penambahan bengkel konversi, Hendro menjelaskan saat ini Indonesia sudah mempunya tenaga ahli yang dapat menangani permasalahan jika baterai kendaraan listrik tersebut bermasalah.

Dia juga yakin kedepannya Indonesia akan mempunyai banyak bengkel-bengkel yang ahli dalam penanganan masalah batterai.

"Dan kita sudah ada ahlinya. Orang bertanya bagaimana ketika baterinya rusak? Sudah ada ahlinya, sudah ad orang yang bisa mengganti batterai. Jadi tidak usah mengganti batterainya," katanya.

Adapun hingga 25 Oktober 2022, Hendro mengatakan, jumlah kendaraan listrik yang telah memiliki SRUT sudah mencapai 31.827 unit kendaraan. Dia juga akan terus mengembangkan fasilitas pengujian tipe untuk kendaraan listrik di BPLJSKB sebagai fasilitas uji tipe Pemerintah.(OZ)

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut