get app
inews
Aa
Read Next : Edukasi Antisipasi Bullying, dan Bermain Petasan di Bulan Ramadan Melalui Media Wayang

Anda Sedang Dibully atau Dizalimi? Baca dan Amalkan Doa Ampuh Ini

Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:59 WIB
header img
Doa

KEDIRI, iNewsKediri - Ada doa untuk orang yang menzalimi kita bisa diamalkan agar mendapat pertolongan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Doa orang terzalimi akan dikabulkan oleh Allah Ta'ala, sehingga setelah kesulitan akan datang nikmat yang tidak terhingga.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah." (HR Bukhari dan Muslim)

Allah Subhanahu wa ta'ala sangat tidak menyukai mereka yang kerap menganiaya orang lain. Sebab, perbuatan zalim dapat diartikan juga dengan mencelakakan orang lain, dan tidak dibenarkan apa pun tujuan atau alasannya dalam Islam.

"Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih." (QS Asy-Syura: 42)

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan menjauhkan diri dari perbuatan zalim. Nah, bagi orang-orang yang mengalami hal tidak menyenangkan ini alias dianiaya atau dizalimi, berikut beberapa doa yang dapat diamalkan, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Doa minta pertolongan

Dalam kesulitan, tidak ada yang bisa dilakukan selain berserah dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Berikut adalah bacaan doa meminta pertolongan yang bisa dipanjatkan bagi orang yang terzalimi.

Bismillahir rahmaanirrahiimi waminkal faru wailaikalmustaka wabikal mustaanu walaa haula walaa quwwata illa billahi aliyyil azhiimi.

Artinya: "Dari Engkaulah kelapangan, dan kepada Engkaulah segala sesuatu yang perlu dimohonkan akan pertolongan, tidak ada daya dan kekuatan serta upaya hanyalah dengan pertolongan Allah semata." 

2. Doa saat dizalimi

Robbanaa afrigh ‘alainaa shobron wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir." (QS Al Baqarah: 250)

3. Doa yang dilantunkan Nabi Nuh saat dizalimi kaumnya

Rabbigfirlii wa liwaalidayya wa liman dakhala baitiya mu"minaw wa lil-mu"miniina wal-mu"minaat, wa laa tazidiẓ-ẓaalimiina illaa tabaaraa.

Artinya: "Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan." (QS Nuh: 28)

4. Doa yang diucapkan Nabi Musa ketika berhadapan dengan Firaun

Rabbi najjinii minal koimiz-zalimiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu." (QS Al Qasas: 21)

5. Doa yang dibaca Nabi Luth saat disakiti kaumnya

Rabbinṣurnii 'alal-qaumil-mufsidiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu." (QS Al 'Ankabut: 30)

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut