Logo Network
Network

Sariawan Saat Menjalankan Puasa Bikin Nangis, Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Ahmad Ghozali
.
Kamis, 07 April 2022 | 10:49 WIB
Sariawan Saat Menjalankan Puasa Bikin Nangis, Begini Cara Ampuh Mengatasinya
Cara mengatasi sariawan saat berpuasa (Sumber/Freepik)

KEDIRI, iNewsKediri - Ketika sedang menjalankan ibadah puasa salah satu masalah yang sering dihadapi adalah lebih mudah terserang sariawan. Dimana, sariawan disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya asupan air putih, vitamin C dan yang lainnya.

Sariawan biasanya ditandai dengan bibir kering, kondisi ini memberi sinyal jika dalam tubuh anda kekurangan cairan. Ketika sedang berpuasa dan mengalami sariawan tentu saja ini membuat kita tidak nyaman sama sekali.

Oleh karenanya, ketika sudah memasuki waktu berbuka puasa anda harus sesegera mungkin mengatasi sariawan ini agar bisa lebih reda dan tak lagi merasa perih. 

Berikut ini simak ada 10 tips mengatasi sariawan saat sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan  yang dikutip dari Boldsky, Senin (4/4/2022) :

1. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang mampu mempertahankan kelembapan dan mencegah mulut agar menjadi kering. Madu mampu mempercepat proses pertumbuhan jaringan baru. Anda bisa mencampurnya dengan sejumput kunyit dan menggosok lembut di area terkait.

2. Minyak Kelapa

Jangan salah, minyak kelapa ternyata memiliki sifat antiradang. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada area yang terkena sariawan beberapa kali, saat sahur dan imsak. Lakukan beberapa hari ke depan hingga Anda terbebas dari sariawan.

3. Jus Lidah Buaya

Pengobatan rumahan ini cara mudah untuk mengobati bisul mulut. Lidah buaya berkhasiat anti-inflamasi alami. Anda bisa minum jus lidah buaya untuk membantu penyembuhan sariawan, serta mengurangi sekresi asam lambung.

4. Daun Tulsi

Daun tulsi dikenal dengan terapeutik. Anda bisa mengunyah daun tulsi segar dan minum air putih untuk menelannya. Anda juga bisa merebus beberapa helai daun fenugreek dan menggunakan airnya untuk berkumur.

5. Yogurt

Penyebab pasti sariawan tidak diketahui. Beberapa kasus mungkin disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H pylori) atau penyakit radang usus. Studi dari 2007 telah menunjukkan bahwa kultur probiotik hidup seperti lactobacillus dapat membantu memberantas H pylori dan mengobati beberapa jenis penyakit radang usus.

Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawan, makan yogurt yang mengandung kultur probiotik hidup dapat membantu. Untuk membantu mencegah atau mengobati sariawan, makanlah setidaknya 1 cangkir yogurt setiap hari.

6. Suplemen Vitamin B Kompleks

Anda mungkin lebih sering terkena sariawan jika makanan yang dikonsumsi rendah vitamin B-12. Namun, tidak jelas bagaimana vitamin B-12 menyembuhkan sariawan. Menurut sebuah studi pada 2017, peserta yang mengonsumsi 1.000 mikrogram vitamin B-12 setiap hari memiliki lebih sedikit wabah sariawan, lebih sedikit luka secara keseluruhan, dan lebih sedikit rasa sakit daripada mereka yang menggunakan plasebo.

Vitamin B lain juga dapat membantu. Suplemen vitamin B kompleks mengandung semua delapan vitamin B, termasuk B-12. Suplemen vitamin B kompleks dapat menyebabkan efek samping, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum digunakan.

7. Susu Magnesia

Susu magnesia mengandung magnesium hidroksida. Ini adalah penetral asam dan pencahar. Digunakan secara oral, ini dapat mengubah pH di mulut Anda sehingga luka tidak dapat berkembang. Ini juga melapisi luka untuk membantu mencegah iritasi dan menghilangkan rasa sakit.

Oleskan sedikit susu magnesia ke sariawan Anda. Biarkan selama beberapa detik, lalu bilas. Ulangi hingga tiga kali sehari.

8. Kencur

Kaempferia galangal atau kencur juga dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah sariawan. Anda hanya perlu meneteskan beberapa ramuan (kencur yang telah diparut dan diberi sedikit air) di permukaan bibir yang terdapat sariawan. Sensai rasa pedasnya dapat menyembuhkan jerawat.

9. Rutin Membersihkan Gigi

Sariawan bisa akan semakin parah jika kondisi mulut tidak bersih. Karena itu, tetap gosok gigi sehari 2 kali atau 3 kali. Pastikan juga mulut bersih dengan berkumur dengan obat kumur. Jika diperlukan, Anda juga bisa menyikat lidah supaya kebersihan mulut terjaga. Mulut yang bersih tentunya akan membuat sariawan cepat hilang.

10. Jangan Malas Minum Air Putih

Di bulan puasa ini, konsumsi air putih dianggap sebagai salah satu hal yang penting. So, jangan pernah malas minum air putih. Tetap 8 gelas perhari supaya kondisi tubuh tetap bugar. Konsumsi air putih juga bisa meminimalisir peradangan sariawan. Ini terjadi karena mulut tidak kering dan produksi air liur tetap terjaga. Anda harus tahu bahwa sariawan bisa semakin parah jika mulut kering dan itu karena kadar air dalam tubuh tidak tercukupi.

Editor : Moch Robby

Follow Berita iNews Kediri di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.