get app
inews
Aa Read Next : Apa Manfaat Konsumsi Makanan Manis Saat Berbuka Puasa? Simak Penjelasannya

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur, Bisa Bikin Sering Lapar dan Haus

Rabu, 30 Maret 2022 | 00:48 WIB
header img
Makanan yang bisa membuat mood menjadi lebih baik.(Sumber/okezone.com/Taste Of Home)

KEDIRI, iNewsKediri - Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ada baiknya kita sebagai umat muslim untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi saat buka puasa dan sahur. Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan yang bisa menganggu anda saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Biasanya, saat makan sahur banyak orang yang lebih memilih menyiapkan makanan praktis dan tidak ribet. Mereka pun akhirnya mengesampingkan nilai gizi atau asupan makanan yang mereka konsumsi.

Lantas, sebenarnya bagaimana menu makanan sahur yang cocok untuk dikonsumsi dan bisa membuat kita lancar menjalankan ibadah puasa?

Berikut simak penjelasan dari ahlinya :

Menurut dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K dari Primaya Hospital Tangerang, bila asupan karbohidrat simpleks, terbuat dari tepung-tepungan harus dikontrol. Sebab karbohidrat simpleks membuat seseorang lebih cepat merasa lemas saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

"Makanan yang terbuat dari tepung-tepungan seperti roti, mie atau pasta memiliki serat yang sangat rendah dan cepat dicerna sehingga kita jadi cepat merasa lapar kembali," kata dr Yohan kepada MNC Portal, baru-baru ini.

Lebih lanjut, dokter spesialis gizi klinik itu mengingatkan bila mengonsumsi garam jangan berlebihan. Menurutnya kamampuan tubuh dalam menyerap cairan terganggu, sehingga menimbulkan efek mudah merasa haus hingga hipertensi.

Sebagai orang Indonesia, umumnya hobi mengonsumsi makanan pedas dan asam, justru ini harus hindari. Apabila dikonsumsi berlebihan mampu meningkatkan risiko gangguan asam lambung.

"Meningkatkan risiko gangguan lambung seperti nyeri, mual, hingga diare terutama pada orang yang memang sudah memiliki riwayat penyakit lambung sebelumnya," jelasnya.

Keempat, dokter Yohan mengingatkan jika hindari makanan yang mengandung gas, sebab mampu membuat perut merasa begah atau penuh. Misalnya, kacang-kacangan, sayuran renyah seperti asparagus, brokoli, kubis atau kol.

Terakhir, dokter Yogan menyarankan agar tidak minum minuman mengandung kafein terlalu banyak. Efek samping yang ditimbulkan bisa membuat seseorang merasa ingin selalu membuang air kecil (BAK). Hal itu dapat membuat orang berpuasa lebih cepat haus.

"Menyebabkan proses diuresis meningkat sehingga kita jadi lebih sering buang air kecil (BAK) dan membuat kita lebih merasa haus karena tubuh mengeluarkan sinyal untuk mengganti air yang banyak keluar," tambah dr Yohan

Editor : Moch Robby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut