get app
inews
Aa Read Next : Bertengger Diatap Rumah Warga, Burung Merak Hijau Ditangkap

Makam Pejuang Perintis Kemerdekaan 45 Dipindahkan Ke TMP

Kamis, 10 Februari 2022 | 20:42 WIB
header img
Makam Pahlawan Kemerdekaan Pratu Misri Dipindahkan ke TMP Canda Bhirawa Kabupaten Kediri (iNewsKediri)

KEDIRI, iNewsKediri - Belum genap satu bulan meninggalnya seorang pejuang perintis kemerdekaan 45, Pratu Misri kini makamnya dipindahkan. 

 

Pratu Misri sebelumnya dimakamkan di pemakaman Umum Desa Pandansari Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, resmi dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Canda Bhirawa Kabupaten Kediri. Prosesi pemindahan jenazah dilaksanakan dengan upacara militer.

 

Almarhumah Pratu Misri, pejuang perintis kemerdekaan 45 merupakan mantan anggota batalyon 41 Soenaryadi Devisi Jawa Timur. Ia mendapat tanda kehormatan bintang gerilya dari presiden SBY pada tahun 2014.

 

 

Proses upacara pemindahan makam ini digelar dalam upacara militer. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Komandan Kodim 0809 Kediri , Letkol Infanteri Rully Eko Suryawan. Prosesi pemindahan makam juga dihadiri Wakil Bupati Kediri , Wakapolres Kediri, dan Ketua DPRD Kabupaten Kediri

 

"Pemindahan makam tersebut merupakan bentuk penghargaan pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kediri  atas jasa-jasa almarhumah sebagai salah satu tokoh pejuang kemerdekaan," ucap Komandan Kodim 0809 Kediri, Letkol Infanteri Rully Eko Suryawan.

 

Dandim menambahkan, almarhumah adalah tokoh pejuang dan sudah seharusnya dimakamkan di TMP ini. Pemindahan  makam ini merupakan bentuk penghargaan kita atas jasa-jasa almarhumah. 

 

Sarbikyanto, anak kelima  almarhumah Pratu Misri mengatakan, sebelum meninggal, orang tuanya telah berpesan agar di makamkan di makam pahlawan. 

 

Ibunya merupakan pejuang 45, yang menjabat sebagai intelijen, bahkan pernah bergabung di PMI  karena pernah berlatih dari tentara Jepang.

 

"Cita - cita ibu dulu sebelum meninggal ingin dimakamkan di TMP," tuturnya.

Editor : Moch Robby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut