get app
inews
Aa Read Next : Bertengger Diatap Rumah Warga, Burung Merak Hijau Ditangkap

6,2 Ton Pupuk Subsidi hendak Dislundupkan Dari Blitar ke Ngawi

Rabu, 09 Februari 2022 | 07:00 WIB
header img
Polisi Amankan Penyludupan 6,2 ton Pupuk Subsidi (iNewsKediri)

BLITAR, iNewsKediri - Polisi mengamankan upaya penyludupan pupuk subsidi dari Kabupaten Blitar ke Kabupaten Ngawi, Selasa (08/02/2022) dini hari. Pupuk ini dari salah satu toko pertanian di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Kapolsek Kanigoro, AKP Tri Wahyudi mengatakan, pupuk ini diamankandari dua truk yang sedang bongkar muat pada malam hari. Ada upaaya pemindahan pupuk jenis Poska dan Urea ini dari truk besar ke truk yang lebih kecil.

Upaya penyludupan ini terungkap, saat anggotanya berpatroli dan mendapatkan truk bongkar muat di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro. Setelah diperiksa, sopir truk mengaku hendak mengirim pupuk ke Kabupaten Ngawi. Pupuk ini didapatkan dari toko pertanian di Kecamatan Wonotirto.

"Awalnya ada anggota yang sedang patroli, lalu melihat ada dua truk yang sedang memindahkan muatan. Saat diperiksa memindahkan pupuk subsidi yang hendak dibawa ke Kabupaten Ngawi," ungkap Kapolsek Kanigoro, AKP Tri Wahyudi, Selasa (08/02/2022).

Pupuk dari daerah satu tidak dapat dijual untuk daerah lain, Karena pupuk ini untuk memenuhi kelompok tani satu daerah. Sementara untuk daerah lain, kebutuhan pupuk subsidi sudah dipenuhi melalui kelompok tani daerah tersebut.

Kini dua truk yang berisi puluhan karung pupuk ini diamankan di Mapolsek Kanigoro. Untuk menangani kasus ini, pihaknya menyerahkan ke Mapolres Blitar.

"Untuk penanganan kita serahkan ke Mapolres, karena wewenang penyidikan ada di sana. Kita hanya membantu mengamankan," tegasnya.

Kini pihak kepolsian masih mengembangkan kasus upaya penylundupan pupuk subsidi ini. Apalagi pupuk subsidi tidak boleh dipindah tangankan ke orang lain, karena kebutuhanya sudah disesuaikan dengan permintaan kelompok tani.

Editor : Moch Robby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut