get app
inews
Aa Read Next : “Pedihnya” Harga Bawang Merah di Kota Kediri

Harga Beras Mahal, Antrean Warga Beli Beras Murah Mengular

Jum'at, 08 September 2023 | 12:01 WIB
header img
Ratusan warga mengantre untuk membeli beras murah. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Harga beras tinggi, ratusan warga Kota Kediri, Jawa Timur, rela mengantre berjam-jam demi mendapatkan beras murah kualitas medium, dalam gerakan pangan murah yang digelar oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Sejumlah Lansia tampak dalam antrean, untuk mendapatkan beras seharga Rp 52.000 per 5 kilogram.

Aslikah, salah satu warga rela mengantre lebih dari setengah jam untuk mendapatkan beras kualitas medium dengan harga Rp 52.000 kendati setiap warga hanya dibatasi dua bungkus, pasalnya, harga beras dipasaran Rp 71.000 per lima kilogram. 
 
“Tadi antre sekitar setengah jam, harga di pasar sudah Rp 71.000, sedaangkan disini Cuma Rp52.000,” tutur Aslikah.

Hal senda juga diungkapkan, Anjar yang mengantre selama setangah jam mengaku di daerahnya harga beras mencapai Rp 13.500 per kilogram, sementara dalam gerakan pangan murah ini hanya seharga Rp 52.000 per lima kilogram atau Rp10.400 perkilogramnya. Namun dibatasi hanya dua bungkus.

“Senang bisa dapat beras murah, karena kalau ditempat saya harga eceran perkilogramnya sudah Rp13.500,” kata Anjar.
 
Sementara itu, Tetuko Erwin, Kabag Perekonomian Pemkot Kediri mengatakan, dalam gerakan pangan murah ini disediakan beras kualitas medium sebanyak delapan ton, yang diperuntukkan bagi warga dari 5 kelurahan di Kota Kediri, rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di 10 lokasi, pasalnya harga di pasaran saat ini sudah di atas harga eceran tertinggi,masing-masing warga dibatasi dua bungkus dan harus menunjukkan KTP warga kota kediri.
 
“Untuk setiap lokasi kami droping 8 ton, rencananya kegiatan ini akan diadakan di 10 lokasi, karena harga di pasar sejak 28 Agustus sudah diatas harga eceran tertinggi, sekitar 6% diatas HET,”jelas Erwin.

Erwin menambahkan, dengan adanya gerakan pangan murah ini diharapkan warga bisa mendapatkan sembako dengan harga murah ditengah mahalnya harga beras dipasaran, serta dapat menstabilkan harga beras dipasaran.

“Kegiatan ini untuk menstabilkan harga, serta agar kebutuhan beras bagi warga terpenuhi,” imbuh Erwin.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut