get app
inews
Aa Read Next : “Pedihnya” Harga Bawang Merah di Kota Kediri

Insomnia Bisa Sebabkan Stroke? Ini Kata Ahli Medis

Jum'at, 16 Juni 2023 | 08:46 WIB
header img
Insomnia (Foto: Freepik/Senivpetro)

KEDIRI, iNewsKediri - Benarkah insomnia bisa sebabkan penyakit stroke ini akan menjadi masalah jika dibiarkan.

Banyak orang menganggap insomnia sebagai masalah tidur sepele. Padahal gangguan tidur ini memiliki dampak serius pada kesehatan jangka panjang. Penderita insomnia seringkali merasa kelelahan, kurang energi, dan penurunan konsentrasi.

Insomnia kerap kali dikaitkan dengan penyakit stroke. Lantas benarkah demikian?

Melansir The Guardian, Insomnia bisa sebabkan penyakit stroke 16% lebih tinggi dari pada mereka yang tidak memiliki gangguan tidur. Ilmuwan dari Amerika Serikat menemukan bahwa penderita insomnia di bawah usia 50 tahun empat kali lipat terkena stroke.

Sementara Go Red For Women menjelaskan bahwa dalam empat tahun terakhir insomnia meningkatkan penderita stroke sebanyak 54%. Orang yang tidur kurang dari lima jam setiap malam memiliki kemungkinan terkena stroke.

Jurnal American Heart Association Stroke menemukan fakta resiko stroke jauh lebih besar ketika insomnia terjadi pada mereka yang usianya lebih muda. Mereka yang berusia 18-34 tahun delapan kali lebih rentan terkena stroke akibat gangguan tidur.

 

“Kami sangat yakin bahwa individu dengan insomnia kronis terjadi terutama pada orang yang lebih muda. Mereka menemui dokter untuk menilai faktor risiko stroke dan jika diindikasikan mereka akan mendapat pengobatan tepat,” ujar Ya-Wen Hsu, Ph.D penulis studi dan asisten profesor di Chia Nan University of Pharmacy and Science.

Phyllis Zee direktur pusat pengobatan Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern di Chicago menjelaskan bahwa kurang tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur metabolisme dan tekanan darah.

Penulis studi, Dr Wendemi Sawadogo, dari Virginia Commonwealth University di Richmond dan anggota American Academy of Neurology, mengatakan banyak terapi untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Namun sebelumnya, ahli medis perlu mengetahui penyebab masalah tidur yang mereka hadapi. Dengan begitu dapat menentukan tindakan untuk mengantisipasi kemungkinan resiko stroke.

Penderita insomnia dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kualitas tidur seperti berolahraga rutin, menjaga pola makan, minum air putih, beraktivitas pada siang hari, dan membersihkan kasur sebelum tidur.

Demikian informasi mengenai benarkah insomnia bisa sebabkan penyakit stroke.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut