get app
inews
Aa Read Next : “Pedihnya” Harga Bawang Merah di Kota Kediri

123.817 Kepala Keluarga di Kabupaten Kediri, Terima Beras Bantuan Pangan

Jum'at, 09 Juni 2023 | 18:50 WIB
header img
Warga menerima penyaluran beras bantuan pangan. Foto:iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI,iNewsKediri.id - Ratusan warga kurang mampu di Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri mengantre untuk mendapatkan bantuan pangan berupa 10 kilogram beras dari pemerintah. Di Kabupaten Kediri, untuk jumlah total penerima beras tersebut sejumlah 123.817 kepala keluarga, yang disalurkan tiga tahap. 

Penyaluran bantuan pangan tahun 2023 dari program pemerintah pusat di Kabupaten Kediri terus digulirkan. Hari ini, Jumat 9 Juni 2023 penyaluran diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. 

Bertempat di Balai Desa Ngampel, Kecamatan Papar, ratusan masyarakat kurang mampu rela mengantre sejak pagi untuk mendapatkan beras kualitas medium seberat 10 kilogram, dari Bulog.

Arbai, Kepala Bidang Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri mengatakan, jumlah KPM beras pangan di Kabupaten Kediri sebanyak 123.817 kepala keluarga. Kegiatan ini merupakan program dari Badan Pangan Nasional. Untuk sasaran penerima beras tersebut adalah masyarakat kurang mampu yang tercatat dalam data Kementerian Sosial, mereka mendapatkan beras masing-masing total 30 kilogram, yang disalurkan tiga tahap. 

“KPM di Kabupaten Kediri sebanyak 123.817 kepala keluarga, masing-masing KPM memperoleh 30 Kg beras yang disalurkan tiga tahap, sasaran penerima adalah keluarga kurang mampu yang tercatat di data Kementerian Sosial,” Kata Arbai.

Masih kata Arbai, selain beras, masyarakat kurang mampu lainnya di Kabupaten Kediri juga memperoleh daging dan telur ayam, yang sasarannya adalah rumah tangga rawan stunting berdasarkan data dari BKKBN, berjumlah 12.008 KPM.

“Untuk masyarakat kurang mampu lainnya yang tercatat sebagai rumah tangga rawan stunting pada data BKKBN, pemerintah juga menyalurkan daging seberat 3 Kg dan telur ayam sebanyak 30 butir,” tambah Arbai.

Sementara itu, Imam Mahdi, Pimpinan Cabang Bulog Kediri mengatakan, penyaluran sudah dilaksanakan mulai bulan Maret lalu. Beras yang disalurkan ini merupakan kualitas medium, diharapkan dengan penyaluran ini juga dapat menekan kenaikan harga, menurunkan angka inflasi serta menjaga daya beli masyarakat agar tetap dapat menjangkau sembako. Bulog Cabang Kediri juga menyalurkan di wilayah Kota Kediri dan Nganjuk, dengan jumlah total keseluruhan 2.837 Ton, yang diambilkan dari cadangan beras pemerintah. 

“Kami telah menyalurkan di wilayah Kota Kediri, Nganjuk dan Kabupaten Kediri, khusus untuk Kabupaten Kediri ini merupakan penyaluran tahap akhir. Diharapkan dengan penyaluran ini juga dapat menekan kenaikan harga, menurunkan angka inflasi serta menjaga daya beli masyarakat agar tetap dapat menjangkau sembako, “ tutur Imam Mahdi.

Sementara itu, Sulastri, salah satu penerima manfaat mengaku senang telah mendapat bantuan pangan yang diterimanya hari ini sehingga dapat meringankan pengeluaran membeli beras, dqn untuk kualitas beras yang diterima pada penyaluran sebelumnya, kondisi juga sangat bagus dan enak.

“Alhamdulillah senang bisa meperoleh bantuan beras, sebelumnya saya tidak pernah mendapat bantuan seperti ini, dengan adanya bantuan ini juga dapa meringankan penfgeluaran kebutuhan sembako, ini penerimaan yang ketiga, kualitas beras yang diterima sebelumnya juga bagus dan enak,” jelas Sulastri.

Penyaluran bantuan pangan dari program pemerintah ini tentu saja mendapat sambutan positif dari masyarakat yang terdata dalam keluarga penerima manfaat (KPM).

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut