get app
inews
Aa Read Next : Bocah SD Tangkap Pencuri, Siapakah Bocah Itu?

Bersama BPDP-KS, IKA UT Gelar Seminar Nasional "Mengenal Lebih Dekat Olahan Produk Kelapa Sawit"

Senin, 27 Maret 2023 | 22:22 WIB
header img
Mahasiswa Universitas Terbuka mengikuti seminar tentang sawit. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Dalam rangka sosialisasi Usaha Kecil Mikro dan Koperasi (UKMK) sawit, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), yang bersamaan dengan syukuran HUT Ikatan Alumni Universitas Trebuka (IKA UT) ke-33, dengan diprakarsai oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Malang dan IKA UT Malang bersama Pengurus Pusat IKA UT menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang berlangsung antara tanggal 25 Maret - 26 Maret 2023 dengan tema “Bersama IKA UT, Bangun Semangat Kolaboratif, Eratkan Solidaritas dan Terus Berprogresif untuk Negeri”.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan ini, pada tanggal 26 Maret 2023 bertempat di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri diselenggarakan Acara Puncak Seminar Nasional “Promosi UKMK Sawit Mengenai Produk Olahan Kelapa Sawit dan Peluang Usaha di Indonesia” dengan narasumber Helmi Muhansa, Kadiv UKMK Sawit BPDP-KS

Dalam seminar tersebut, para peserta diberikan materi tentang kemitraan UKMK Sawit meliputi tentang pengenalan BPDP-KS yang merupakan lembaga dibawah naungan Kementerian Keuangan dengan dana yang bersumber dari pengutang ekspor, atau penguasaha yang melakukan ekspor kelapa sawit akan dipungut biaya untuk dikelola oleh BPDP-KS.

Untuk pengelolaan dana tersebut berupa investasi deposito dan surat berharga negara, untuk selanjutnya dikembalikan lagi ke kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kelapa sawit, melputi peremajaan sawit rakyat yang dalam implementasinya diberikan kepada pemilik kebun sawit untuk mereplanting tanamannya senilai Rp 30 Juta perhektar secara hibah, dengan maksimal perorang bisa mencapai 4 hektar atau senilai Rp120 Juta.

Selanjutnya dana tersebut dapat digunakan untuk sarana dan prasarana jalan diperkebunan sawit, peningkatan sumber daya manusia berupa beasiswa untuk belajar tentang sawit, penelitian dan pengembangan untuk pemilik kebun sawit, promosi, pemenuhan kebutuhan pangan, hilirisasi perkebunan kelapa sawit, penyediaan pemanfaatan lahan nabati.

Selain pengenalan alur dana BPDP-KS, dalam seminar tersebut juga disampaikan tentang struktur organisasi dari BPDP-KS.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh Rahmat Budiman S.S, M.Hum, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama mewakili Rektor UT, Sekjen IKA UT Drs. Leles Soedarmanto M.M. MBA serta para Pengurus Pusat, Wilayah Dalam dan Luar Negeri. Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Erro Kusnara, S.IP juga memberi sambutan mewakili Ketua Umum.

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut