get app
inews
Aa Read Next : Angka Kriminalitas di Kota Kediri Tahun 2023 Meningkat Dibanding 2022, Namun Berhasil Diungkap

Jelang Ramadan 15 Ribu Santri Ponpes Lirboyo Mudik Bareng

Jum'at, 03 Maret 2023 | 16:39 WIB
header img
Ribuan santri Lirboyo mudik bareng. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko

KEDIRI, iNewsKediri.id - Jelang ramadan, 20 ribu santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, mudik bareng. Kepulangan para santri ini dilaksanakan secara bertahap selama dua hari dengan diangkut menggunakan 249 armada bus menuju 90 daerah masing-masing. 


Antrean bus pengangkut santri Lirboyo mudik bareng. Foto: iNewsKediri.id/Jatmiko
 

Mudik bareng yang dilaksanakan bertahap mulai Kamis dan Jumat ini dilaksanakan setelah seluruh kegiatan belajar di pondok pesantren diliburkan. Mereka diberi kesempatan untuk berlebaran di rumah hingga tanggal 16 Mei mendatang. 

Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Lirboyo, KH Oing Abdul Muid mengatakan, total sebanyak 15.500 santri yang pulang dalam dua  hari ini. Mereka diangkut menuju 90 daerah masing - masing dengan menggunakan 294 armada bus dari halaman Aula Muktamar. Selain itu, sekitar 500 santri pulang dengan dijemput oleh keluarganya.

"Mulai kemarin dan hari ini Pondok Pesantren Lirboyo melaksanakan pemulangan santri. Jumlah santri yang dipulangkan total 15.507 dengan 294 armada bus dan beberapa armada Elf,” jelas Gus Muid, Jumat, 3 Februari 2023.

Gus Muid menambahkan, untuk jumlah santri di Ponpes Lirboyo mencapai lebih dari 40 ribu, sebagian santri yang tidak mudik bareng ini dikarenakan sedang melaksanakan program tahfidz atau hafalan al-quran, selain itu, sebagian juga memilih untuk mengikuti program pendidikan pondok ramadan serta santri yang mengikuti sekolah formal.

"Tidak semua santri pulang kampung pada libur Ramadan tahun ini, puluhan ribu santri lain masih tinggal karena harus mengikuti wajib ramadan dan juga sekolah formal," imbuh Gus Muid.

 

Editor : Agung Kridaning Jatmiko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut