get app
inews
Aa Read Next : Kesal Adanya Penambangan Pasir yang Merusak Lingkungan, Belasan Warga Usir Perahu Dengan Kayu

Cegah Bencana Alam Dengan Penghijauan, Cara Relawan Peduli Lingkungan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 17:56 WIB
header img

KEDIRI, iNewsKediri - Manusia selalu bergantung pada keberadaan pohon, begitu pula sebaliknya dalam sebuah kehidupan. Pasalnya, masing-masing memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan. Pohon yang memberikan kehidupan dan berbagai sumber daya untuk manusia, dan manusia memiliki kewajiban untuk menjaga serta merawat.

 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga ekosistem lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan. Penghijauan ini sendiri dapat dilakuakn di beberapa tempat, seperti pinggiran kota, tanah lapang maupun sumbar-sumber mata air, agar berfungsi sebagai penyerap air.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh ratusan relawan peduli lingkungan dan kader PDIP Perjuangan Kabupaten Kediri, Sabtu (28/1/2023). Mereka melakukan aksi tanam pohon di sumber mata air Desa Pule, Kecamatan Kandat.

 

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodik Purwanto mengatakan, penanaman pohon ini, selain untuk mencegah bencana, juga untuk melestarikan alam. Karena dengan memelihara alam, merupakan wujud ikhtiar kita untuk terhindar dari bencana alam

 

"kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan agar kita terhindar darui bencana alam yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan,” Jelas Dodik Purwanto.

 

Dodik menambahkan, kegiatan ini juga sesuai instruksi dari pimpinan serta rangkaian HUT PDI Perjuangan ke 50 tahun. 

 

“Para kader diharuskan berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk alam. Karena kalau kita yang melestarikan terus siapa lagi, dan kalau bukan kita terus siapa lagi yang peduli," imbuh Dodik.

 

Jenis bibit pohon yang ditanam misalnya pule, pucung, hingga pohon petai. Sedangkan untuk jenis buah yang ditanam di antaranya nangka dan sirsak. Kegiatan penanaman terutama jenis kayu dan buah penting dilakukan, guna mencegah tanah longsor. Selain tanaman kayu, untuk mencegah tanah longsor dan juga antisipasi banjir, apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan.

 

Sementara Koordinator Relawan Peduli Lingkungan Kediri Ari Purnomo Adi mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri yang menggandeng para relawan, untuk melakukan penanaman pohon produktif di sumber Pule kali ini.

 

Menurut Ari, penanaman pohon produktif ini, selain bisa mencegah longsor, juga untuk melestarikan alam dan juga menjaga mata air di sumber Pule.

 

 

"Dalam kegiatan kali ini ada sekitar 200 pohon dan juga tanaman buah. Selain untuk mencegah bencana, juga untuk melestarikan alam. "ujar Ari Purnomo Ari, ketua Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Kediri di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut