Fosal Blitar Gelar Ziarah ke Makam Pendiri Ansor hingga Tokoh Berpengaruh di Zaman Wali Songo

Han's

BLITAR, iNewsKediri - Forum Silaturahmi Ansor Blitar Raya baru-baru ini melakukan ziarah bersama ke makam pendiri Banser, almarhum M. Z. Kayubi.

Tokoh pencetak sejarah, M. Z. Kayubi ini lahir 1 Januari 1926 dan wafat pada 13 Desember 1983.

Tak hanya ziarah ke makam pendiri Banser, Forum Silaturahmi Ansor Lawas atau biasa disebut Fosal itu juga berkunjung ke makam Betoro Katong di Ponorogo.

Diketahui, Betoro Katong ini merupakan nama sebuah gelar yang diberikan oleh Wali dengan tujuan agar Raden Jaka Piturun, putra raja Majapahit Prabu Brawijaya V, bisa lebih dekat dengan rakyatnya.

Sementara, menurut keterangan salah satu rombongan ziarah, Drs. Moh Mustain Kurdi MPdI, ziarah ini dimaksudkan sebagai penyemangat perjuangan.

Agar tidak disalah tafsirkan secara negatif, menurutnya sangat perlu dipahamkan kepada masyarakat, khususnya para anggota Ansor di Blitar.

"Forum ini adalah wadah atau tempat pertemuan dari kami yang dulu pernah sangat aktif di tahun 1970 sampai 2010 yang memiliki persamaan minat dan memiliki tujuan untuk bertukar pikiran pada suatu topik atau masalah secara bebas yang berkaitan dengan dinamika secara personal maupun mencermati isu-isu yang berkembang. Sehingga kawan-kawan tidak ketinggalan informasi, khususnya perkembangan NU di Blitar, serta bangsa dan negara," jelas Mustain Kurdi.

"Pada dasarnya, tujuan forum ini dibentuk tak lain untuk memfasilitasi orang-orang yang mempunyai kepentingan sama sebagai sarana berdiskusi, tanya-jawab, memecahkan masalah, dan lain sebagainya," ucap Mustain.

Editor : Rohman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network